Jenis - Jenis Tikus, Ciri Karakteristik dan Habitatnya


Selama ini mungkin jenis tikus yang kita tahu hanya tikus rumah, tikus got atau tikus sawah saja. Padahal ternyata jenis tikus itu ada banyak sekali tidak hana tiga itu saja. Masing-masing dari jenis tikus tersebut juga memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda-beda.

Jenis - Jenis Tikus
Jenis - Jenis Tikus
Jenis dan macam tikus serta karakterisitik nya ini perlu diketahui untuk dipelajari baik untuk keperluan penelitian medis maupun untuk dunia pertanian. Macam-macam tikus yang ternyata ada banyak sekali tersebut ternyata terbagi menjadi galur2 utma yang kemudian menurunkan spesies2 tikus dengan karakter yang hampir sama. Perhatikan lebih detail mengenai jenis dan macam tikus di bawah ini.

Jenis-jenis Tikus di Dunia


1. Tikus Rumah (Rattus rattus diardi)

Tikus Rumah
Tikus Rumah

Ciri Karakteristik

Tikus rumah mungkin adalah jenis tikus yang paling populer di kalangan manusia. Jenis tikus ini tentunya sering dijumpai di rumah kita. Ada beberapa ciri khusus yang melekat pada tikus jenis ini. Tik jenis ini pada umumnya memiliki ukuran yang sedang. Panjang kepala-tubuh nya adalah sekitar 122-190 mm. Memiliki berat badan sekitar 100-200 gram dengan panjang kaki belakang berkisar 32-39 mm. Tekstur rambut dari tikus ini agak kasar, dengan warna punggung coklat hitam kelabu. Jumlah puting susu nya adalah 5 pasang dengan lebar daun telinga sekitar 19-23 mm.

Ekologi dan Habitat

Jenis tikus ini termasuk jenis hewan nokturnal, namun bisa juga diurnal. Makanan dari tikus rumah adalah berbagai jenis tumbuhan, dan beberapa jenis binatang. Tikus jenis ini sering dijumpai di perumahan, pemukiman dekat perkebunan, di perkebunan juga sering dijumpai.


2.  Tikus Got/ Tikus Riul (Rattus Norvegicus)

Tikus Got
Tikus Got
     
Ciri Karakteristik

Jenis tikus selanjutnya adalah tikus riul, atau sering juga disebut dengan tikus got. Tikus got memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari tikus rumah. Panjang kepala-tubuh berkisar 163-265 mm dengan ekor 170-230 mm. Kaki belakang panjangnya 37-45 mm dengan berat badan tikus 150-400 gram. Untuk warna, tikus ini berwarna coklat pada tubuh bagian atas, tubuh bawah abu-abu dengan ekor berwarna gelap di atas dan pucat pad bagian bawah. Jumlah puting susu ada 6 pasang dengan lebar daun telinga 18-24 mm.

Ekologi dan Habitat

Sebagian besar tikus jenis ini adalah nokturnal. Makanan nya adalah tubuhan dan binatang. Habitatnya adalah di perkotaan, terutama di kota-kota besar dan kota pesisir. Namun beberapa kasus jenis tikus ini juga berada di daerah persawahan.

3. Tikus Ladang (Rattus exulans)

Tikus Ladang
Tikus Ladang

Ciri Karakteristik

Tikus ini sering juga disebut dengan tikus polynesia. Tikus ini memiliki ukuran panjang kepala - tubuh 101-138 mm, ekor 118-159, berat 45-65 g. Jenis tikus ini termasuk jenis tikus kecil. Tikus ini memiliki bulu yang kasar. Warna tubuh bagian atas adalah sedikit abu-abu dengan bagian bawah perpaduan abu-abu sedikit putih. Ekornya berwarna coklat dengan rambut jarum putih dengan ujung coklat. Daun telinga berlebar 16-20 mm dengan puting susu berjumlah 4 pasang. Tikus jenis ini pandai memanjat pohon dan bersarang di pohon.

Ekologi dan Habitat

Makanan dari tikus ini adalah biji-bijian, buah, daun dan kulit kayu. Ada juga beberpa jenis serangga, cacing tanah dan laba-laba yang dimakan. Habitat jenis tikus ini di rumah-rumah, perkebunan dan di hutan skunder.

4. Tikus Belukar / Tikus Pohon (Rattus tiomanicus sabae)

 
Tikus Pohon
Tikus Pohon

Ciri Karakteristik

Tikus ini memiliki panjang tubuh-kepala 140-188 mm dengan ekor 120-181 mm dan kaki belakang 28-35 mm. Berat tikus ini adalah sekitar 75-125 gram. Tubuh bagian atas dari tikus ini beruban dan hijau kheki. Sedangkan pada bagian bawah bervariasi. Rambutnya pada umumnya berwarna abu-abu sedikit pucat denan berujung putih. Bulunya halus dan rapat, dengan warna ekor seluruhnya coklat. Memiliki pola tonjolan halus yang jelas pada kaki dan memiliki jumlah puting susu 5 pasang.

Ekologi dan Habitat

Tikus ini termasuk jenis nokturnal dan sebagian besar terestrial mekipun sering dijumpai di belukar-belukar yang pendek. Makanan jenis tikus ini adalah beragam tumbuhan dan binatang. Habitat tikus ini adalah di hutan-hutan skunder, hutan pesisir, perkebunan, semak belukar dan juga beberapa di padang rumput.

5. Tikus Sawah (Rattus argentiventer)

Tikus Sawah
Tikus Sawah

Ciri Karakteristik

Dalam bahasa Inggris disebut dengan ricefield rat. Ukuran badan tikus ini tidak terlalu besar, kepalabadan 140-210 mm, ekornya 130-192 m dengan berat badan tikus mencapai 85-180 mm. Jenis tikus ini memiliki warna coklat pucat dengan bintik hitam yang halus pada tubuh bagian atas. Sedangkan tubuh bagian bawah memiliki warna abu-abu keperakan dengan kombinasi corengan warna gelap di tubuh baguan tengah. Pada bagian ekor berwarna coklat tua. Ciri tikus ini pada kaki memiliki bentk agak ramping dengan telapak kaki yang halus. Daun telinga memiliki lebar 19--22 mm dengan puting susu 6 pasang. Tikus ini menjadi musuh petani karena menjadi hama tanaman mereka. Ada cara mengusir tikus sawah khusus untuk menanganinya.

Ekologi Dan Habitat

Tikus ini aktif di permukaan tanah, sering membuat liang di tanah. Sarangya berada di dalam lubang di dalam tanah tersebut. Makanan tikus ini adalah anaman dan bulir padi, buah juga sering menjadi santapanya. Selain itu, bunga kelapa saeit dan serangga juga biasa dimakannya. Habitat tikus ini adalah di daerah persawahan, padang rumput dan juga perkebunan.

6. Tikus Besar Gunung (Sundamys infraluteus)

Tikus Besar Gunung
Tikus Besar Gunung

Ciri Karakteristik

Sesuai namanya, tikus ini memiliki ukuran yang besar. Panjang kepala sampai tubuh mencapai 226-295 mm dengan panjang ekornya adalah 260-243 mm. Untuk kaki nya memiliki panjang 52-61 mm dengan berat badan pada umumnya adalah 237-600 gr. Warna bagian atas tikus ini adalah coklat tua dengan bintik coklat kekuningan yang sedikit pucat. Memiliki rmbut yang panjang, dengan bagian bawah berwarna abu-abu berulas jingga terang. Sedangkan ekor keselurhan berwarna coklat tua.

Ekologi dan Habitat

Sebagian besar jenis tikus ini adalah teresterial denan makanan nya yang sering dimakan adalah tumbuhan dan binatang kecil. Habitatnya adalah di hutan-hutan pegunungan.

7. Mencit Rumah (Mus musculus)

Mencit Rumah
Mencit Rumah

Ciri Karakteristik

Mancit ini termasuk jenis tikus kecil. Ukuran badannya dari kepala-tubuh adalah 67-79 mm dengan panjang kaki belakang adalah 16 mm dan panjang ekor adalah 80-84 mm. Berat baan tikus mancit berkisar antara 8-30 gram. Warna tubuh bagian atas adalah coklat dengan kobinasi abu-abu pada tubuh bagian dalam, sedangkan pada bagian bawah sedikit lebih pucat. Meiliki bulu yang halus dengan ekor berwarna kecoklatan tua. Memiliki kemampuan lari yang sangat cepat. Daun telinga mancit rumah adalah 9-12 mm dan memiliki puting susu 5 pasang.

Ekologi dan Habitat

Jenis tikus ini adalah termasuk jenis nokturnal. Untuk makanan tikus mancit ini adalah tumbuhan dan binatang. Habitatnya hampir di setiap rumah bisa ditemukan, di gudang dan dipertokoan juga ada.

8. Mancit Sawah (Mus caroli)

Mancit Sawah
Mancit Sawah

Ciri Karakteristik

Tikus ini memiliki panjang kepala-badan 55-100 mm dengan panjang ekor 45-90 mm, bobot badan tikus ini adalah 8-30 gram dengan panjang telapak kaki belakang adlah 12-18 mm. Untuk warna, pada tbuh bagian atas tikus ini berwarna coklat berpadu abu-abu sedangkan pada bagian bawah adalah agak sedikit ptih. Warna ekor adalah gelap pada bagian atas dan pucatpada bagian bawah. Tikus ini memiliki jumlah puting susu 5 pasang dan lebar daun telinga nya adalah 9-12 mm.

Ekologi dan Habitat

Makanan tikus ini adalah tumbuhan dan binatang kecil-kecil. Sedangkan habitat nya adalah di daerah persawahan dan padang rerumputan. DItemukan paling banyak berada di daerah Asia Tenggara dan Asia Timur.

9. Tikus Werok  (Bandicota bengalensis)

Tikus Werok
Tikus Werok

Tikus ini memiliki ukuran besar. Ciri utamanya adalah memiliki bulu yang pendek dan kasar. Punggun nya dorsal dan berwarna kelabu gelap dan coklat agak hitam. Perutnya vental dengan memiliki warna kelabu sedikit lebih cerah dan berpadu kuning aak coklat. Kaki depan memiliki empat jari yang berkuku sedangkan kaki yang belakang memiliki lima jari dengan dilengkapi kuku juga.

10. Tikus Besar (Bandicota indica)

Tikus Besar
Tikus Besar

Jenis tikus ini mungkin jenis tikus paling besar di dunia. Tikus ini bisa tumbuh besar bisa mencapai ukuran sekitar 27-29 cm di luar ukuran ekor. Sedangkan ekornya sendiri bisa mencapai panjang 28 cm. Tikus ini banyak ditemukan di daerah Bangladesh, China, India, Indonesia, Laos, Malaysia , Myanmar, Nepal, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Tidak ada komentar untuk "Jenis - Jenis Tikus, Ciri Karakteristik dan Habitatnya"