Makanan Tikus Putih Yang Baik dan Menyehatkan


Makanan Tikus Putih Yang Baik dan Menyehatkan - Mungkin masih banyak yang belum megerti apa itu tikus putih. Tikus putih atau Mencit adalah salah satu jenis tikus yang sangat populer di masyarakat. Jenis tikus sendiri ada banyak sekali, ada tikus sawah, tikus got dan jenis tikus yang lainnya. Tikus putih sendiri termasuk salah satu jenis tikus yang bisa dipelihara untuk diperoleh manfaatnya. Terutama di dunia medis dan pendidikan, tikus putih menjadi salah satu media yang diperlukan sehingga perlu untuk di ternak. Untuk yang ingin ternak tikus putih, maka perlu memahami karakter tikus putih itu sendiri, mulai dari makanan tikus putih, kandan tikus putih dan lainnya. 

Lalu apa makanan tikus putih?  Makanan tikus putih adalah akar berdaging, biji-bijan, dedaunan, batang serangga, beras, roti dan juga bisa buah segar.

Makanan Tikus Putih
Makanan Tikus Putih
Makanan tikus putih sendiri cukup mudah didapatkan di sekitar kita. Namun jika kamu serius ingin beternak tikus putih, maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memberikan makanan pada tikus putih ini.

1. Berikan Makanan Tikus Putih Yang Teratur

Artinya kamu harus rutin dalam memberikan makanan tikus putih. Jangan asal-aslalan dalam memberikan makanan tikus putih. Kamu perlu memeriksa apakah makanan tikus putih sudah habis atau masih tersisa. Jika masih tersisa dan masih layak untuk dimakan, tidak perlu diganti yang baru. Namun jika sudah busuk, maka segera ganti makanan tikus putih itu dengan yang baru.

2. Perhatikan Pemberian Variasi Pada Makanan Tikus Putih

Meski makanan tikus putih ini sangat mudah didapat, namun kamu perlu memberikan variasi tertentu agar tidak bosan. Misalnya kamu bisa memberikan sayur di hari senin, di selasa nya kamu ganti biji-bijian atau variasi yang lain. Pemberian variasi makanan tikus putih ini mencegah terjadinya kebosanan dan stres pada tikus. Karena jika stres tinggi, maka tikus akan sulit diberi makanan sehingga bisa juga akan mati karena kelaparan.

3. Pemberian Vitamin Yang Cukup Untuk Tikus

Jangan lupa untuk memberikan asupan vitamin untuk melengkapi makanan tikus putih. Jika sulit mendapatkan vitamin untuk tikus, kamu bisa memberikan buah untuk tikus putih. Berikan buah wortel atau mentimun secukupnya untuk asupan vitamin tikus putih.

4. Kebersihan Makanan Tikus Putih Juga Harus Diperhatikan

Jangan hanya kandang saja yang kamu perhatikan kebersihannya. Makanan tikus putih juga perlu kamu perhatikan kebersihannya. Keberihan dari tanah atau kotoran misalnya, itu harus kamu bersihkan dulu sebelum kamu berikan pada tikus. Atau jika kamu memberikan sayur segar dan buah segar, pastikan dulu bahwa itu bersih dari obat hama sayur atau obat hama buah. Karena itu sangat berbahaya sekali untuk tikus putih.

Tidak ada komentar untuk "Makanan Tikus Putih Yang Baik dan Menyehatkan"